School Level

Senior High

Home > School Level > Senior High

TATA TERTIB PJJ PESERTA DIDIK SMA SAINT PETER
TAHUN PELAJARAN 2021-2022

A. WAKTU BELAJAR
  • Senin, Selasa dan Kamis :
    07.45 – 08.00 Morning Meeting, doa, dan renungan bersama bapak/ibu guru
    08.00 – 14.30 Kegiatan Belajar Mengajar (PJJ)
  • Rabu dan Jum'at :
    07.45 – 08.00 Morning Meeting, doa, dan renungan bersama bapak/ibu guru
    08.00 – 14.30 Kegiatan Belajar Mengajar (PJJ)
    14.00 – 15.00 Kegiatan Ekstrakurikuler (PRAMUKA – Rabu, Pilihan – Jumat)
B. PAKAIAN
  • Senin  : Siswa mengenakan seragam berwarna cream dan abu-abu
  • Selasa : Siswa mengenakan baju batik Saint Peter
  • Rabu   : Siswa mengenakan seragam Pramuka
  • Kamis  : Siswa mengenakan baju batik bebas
  • Jum'at : Siswa mengenakan Casual (TIDAK diperbolehkan menggunakan kaos oblong)
"Selama masa Penanganan Covid-19 (masa PJJ) peserta didik berpakaian seragam sesuai dengan hari kegiatan belajar"

C. HAK SISWA
  1. Mendapat perlakuan yang sama sesuai dengan minat dan kemampuannya.
  2. Memperoleh pendidikan sesuai kurikulum yang berlaku.
  3. Mengikuti program pendidikan.
  4. Memperoleh penilaian atas hasil belajar.
  5. Mengikuti dan mengembangkan kegiatan nonakademik
D. KEWAJIBAN SISWA
  1. Hadir dan bergabung Morning Meeting paling lambat pukul 07.47
  2. Mengikuti doa dan renungan pagi melalui daring bersama bapak ibu guru
  3. Menyalakan kamera selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  4. Mengikuti proses pembelajaran daring sesuai jadwal yang ditentukan
  5. Menyelesaikan tugas dan mengikuti penilaian yang diberikan oleh guru mata pelajaran sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  6. Orang tua/wali murid wajib menginformasikan kepada wali kelas jika anak yang bersangkutan terlambat, dan atau lalai mengisi daftar hadir secara daring.
  7. Siswa wajib mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan sekolah melalui Virtual (seperti Ekstrakurikuler, Retreat, dll)
  8. Scan/foto surat ijin atau surat keterangan dokter jika peserta didik berhalangan hadir dikirimkan ke wali kelas lalu diteruskan ke Bidang kesiswaan.
E. LARANGAN UNTUK SISWA
  1. Berambut panjang melebihi/menutupi leher kemeja atau daun telinga dan atau melebihi dahi (untuk siswa putra).
  2. Potongan/ model rambut tidak sesuai dengan norma pelajar.
  3. Mewarnai rambut, berhias, dan berdandan yang tidak pantas bagi siswa/i.
  4. Mengenakan jaket, sweater, pasmina, dan aksesoris lainnya pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
  5. Hadir terlambat dari waktu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang telah ditentukan
  6. Mangkir/kabur dari pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  7. Tidak hadir tanpa izin/surat keterangan.
  8. Berbuat curang dan mencontek saat ulangan/ tugas individu maupun kelompok pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
F. SANKSI - SANKSI

    Bagi peserta didik yang melanggar TATA TERTIB dikenakan sanksi berupa :
  • Teguran lisan dan pembinaan wali kelas
  • Pernyataan tertulis dan pembinaan oleh wali kelas dan BK
  • Perjanjian tertulis I , pembinaan edukatif meliputi :      
         a. Penguatan Iman dan Taqwa sesuai Agama dan Kepercayaan masing masing.
         b. Penguatan Nasionalisme.
         c. Penguatan Literasi.
         d. Penguatan Lingkungan Hidup dan social.

  • Perjanjian tertulis II, dilakukan dengan pembinaan kerja sosial selama 4 hari (Membersihkan lingkungan rumah dengan menyertakan video dan dikirimkan ke wali kelas serta menjadi leadership dalam pembelajaran jaarak jauh seperti doa sebelum dan sesudah PJJ, mengkoordinir teman–temannya untuk bergabung dalam virtual, dan mengajak teman–teman menyalakan kamera)
  • Perjanjian tertulis III, dilakukan dengan pembinaan kerja sosial selama 5 hari (Membersihkan lingkungan rumah dengan menyertakan video dan dikirimkan ke wali kelas serta menjadi leadership dalam pembelajaran jarak jauh seperti doa sebelum dan sesudah PJJ, mengkoordinir teman–temannya untuk bergabung dalam virtual, dan mengajak teman–teman menyalakan kamera)
  • Bagi peserta didik yang dikenai sanksi, diberikan pembinaan dan pengawasan lebih lanjut dari guru, Wali Kelas, BP/BK, Pembina OSIS, Staf Kesiswaan, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.
  • Dikembalikan kepada orang tua atau membuat surat pengunduran diri.
  • Peserta didik diberikan sosialisasi secara berkala baik oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Staf Kesiswaan , Guru BP/BK, Wali Kelas, secara lisan maupun tertulis.
  • Segala sesuatu yang belum diatur dalam tata tertib peserta didik akan ditentukan kemudian.